mOdeL kePeMimPinaN


Team work leadership, kepemimpinan dalam bentuk kerjasama biasa kita alami

dalam bentuk kerja kelompok dalam dunia pendidikan ataupun kerja. Dalam prekteknya, model kekuasaan ini umumnya memiliki pemimpin yang bertugas mengatur jalannya diskusi untuk mencapai tujuan dan anggota kelompok yang bertugas menjalankan tugasnya masing – masing hasil musyawarah bersama.

Untuk bergerak di dalam kelompok kerja, pemimpin mengumumkan kepada anggotanya bahwa mereka sedang mendelegasikan wewenang untuk mengelola tugas yang ditetapkan tanggung jawab atau untuk membuat keputusan. Tim memiliki tanggung jawab dan kewenangan untuk mencapai keputusan bahwa setiap orang dapat mendukung keputusan yang lain atau yang sudah ditetapkan. Pemimpin dengan jelas akan bertindak sebagai tim fasilitator untuk mengkoordinasi pekerjaan, tetapi tidak akan membuat keputusan independen yang berhubungan dengan tugas tanggung jawab. Dia mencatat bahwa tim akan bertanggung jawab atas hasil dari keputusan dan tindakan.

Sementara pemimpin tim tidak memiliki kekuatan posisi otoritas, mereka menikmati otoritas yang berasal dari:

  • Kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan mewakili kepentingan tim,
  • Keinginan untuk membantu setiap anggota dalam mengembangkan dan menggunakan keterampilan mereka,
  • Kemampuan untuk memfasilitasi proses kelompok,
  • Pengetahuan tentang proses kerja kelompok,
  • Kemampuan untuk membantu tim agar tetap fokus,
  • Pengaturan contoh perilaku seseorang yang menyeluruh, nilai-nilai pribadi, energi dan tindakan.

Beberapa karakteristik yang sering dikatakan pemimpin tim yang efektif oleh anggota tim adalah sebagai berikut:

  • Pemimpin tim adalah rekan sekerja dan teman, bukan seorang pengawas;
  • Memimpin dengan contoh, bukan dengan memberi petunjuk;
  • Adalah seorang pelayan, bukan master;
  • Adalah pembawa damai, bukan seorang prajurit;
  • Adalah koordinator, bukan pemberi perintah;
  • Adalah seorang fasilitator, bukan pembuat keputusan individu dan
  • Adalah sebuah link komunikasi, bukan pemilik komunikasi.

Kadangkala kita sering salah mengartikan pemimpin dalam konteks bentuk kerjasama sehingga dalam pelaksanaan kerjasama itu menjadi tidak efektif dan efisien. Pemimpin harus mementingkan kesejahteraan kelompoknya karena ini adalah bentuk kerja sama, bukan menyangkut kepentinga individu. Begitu pula sebaliknya, anggota kelompok juga harus memiliki kesadaran bahwa ia adalah bagian dari kelompok sehingga apa yang menjadi tugasnya menjadi sangat berarti bagi anggota kelompok yang lain.

Pengaplikasian lain bentuk kerjasama ini adalah dalam bidang otomotif. Sang Legenda juara dunia mobil Formula Satu asal Jerman Michael Schumacher mendapatkan prestasi yang luar biasa dengan meraih Juara Dunia 6 kali tidaklah lepas dari tangan dingin direktur teknik Ferrari Ross Brawn dan si Boss Jean Todd. Ketika tahun 1996 keluar dari Benetton dan bergabung di Ferrari, Schumacher mempunyai satu syarat dengan memboyong Ross Brawn bersama-sama masuk kedalam timnya. Schumacher begitu yakin dia tidak bisa bekerja sendirian, dia perlu pendukung dalam kesuksesan karirnya. Demikian juga semua elemen yang paling kecil sekalipun dalam Ferrari Team memberikan andil dalam World Championships yang sepertinya cuma milik Schumacher saat ini. Kita melihat disini bahwa prestasi didapat dari sebuah kelompok kerja

2 komentar:

Unknown on 12 Desember 2009 pukul 14.39 mengatakan...

@ pu3 : hehe,,maksudnya anak "privat" itu adalah kaLo praktikan2 pd gak ngerti,,adit jdi spesialis penjawab,,cz adit kn kLo nerangin kan bs bikin para praktikan ngerti..Jd gk usah mikir macem2 ya put

pu3mew on 23 Desember 2009 pukul 13.31 mengatakan...

mmm....ok dh...hehehehe,wong iseng ja nanyany ;P

Posting Komentar

. . taMu-taMu . .

free counters
 

....iMAji MeW..... ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)